Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Number Head Together (NHT)padaSiswa Kelas I SD Negeri 4 Barenglor

Main Author: Putri Zudhah Ferryka
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Modern Ngawi , 2019
Subjects:
NHT
Online Access: http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/14
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/14/7
Daftar Isi:
  • Meningkatnya hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) menjadi tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang dilaksanakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengobservasi, dan merefleksi. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas 1A yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki 13 siswa perempuan di SD Negeri 4 Barenglor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran tipe NHT. Meningkatnya hasil belajar dalam penelitian ini secara kontinyu dari tiap siklus yang telah dilaksanakan. Nilai rata-rata siswa dari pra siklus sebesar 69,95. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 75,16. Hasil belajar siswa dalam siklus kedua mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata sebesar 80,12.