PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR

Main Author: Taparoa, Nurlaela S.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unsimar.ac.id/848/
ctrlnum 848
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unsimar.ac.id/848/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR</title><creator>Taparoa, Nurlaela S.</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 83 orang yang terdiri dari siswa kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah siswa 21 orang dan siswa kelas VIIC yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji t.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup. Dilihat dari perolehan nilai thiung 2,957 &gt; ttabel 2,101. Selain itu model pembelajaran kontekstual lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran kontekstual lebih besar yaitu 78,09 dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran konvensional yaitu 56,75. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Taparoa, Nurlaela S. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO. </identifier><recordID>848</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Taparoa, Nurlaela S.
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR
publishDate 2017
topic L Education (General)
QH301 Biology
url http://repository.unsimar.ac.id/848/
contents Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 83 orang yang terdiri dari siswa kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah siswa 21 orang dan siswa kelas VIIC yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup. Dilihat dari perolehan nilai thiung 2,957 > ttabel 2,101. Selain itu model pembelajaran kontekstual lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran kontekstual lebih besar yaitu 78,09 dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran konvensional yaitu 56,75. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir.
id IOS12860.848
institution Universitas Sintuwu Maroso
institution_id 4051
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat Universitas Sintuwu Maroso
library_id 3093
collection Repository UNSIMAR
repository_id 12860
city POSO
province SULAWESI TENGAH
repoId IOS12860
first_indexed 2020-08-13T11:39:16Z
last_indexed 2020-11-22T07:11:34Z
recordtype dc
_version_ 1686636801422262272
score 17.538404