PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR KONSEP PLANTAE SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 POSO
Main Author: | Herdiana, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsimar.ac.id/78/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan hasil belajar konsep Plantae siswa kelas X SMA Negeri 2 Poso. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Poso. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yaitu siswa kelas XA yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XB yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Temuan hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh penggunaan model Group Investigation dengan hasil belajar konsep Plantae siswa kelas X SMA Negeri 2 Poso. Hal ini ditunjukan dari hasil nilai thitung > ttabeli ( 2.804 > 2,010). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model Group Investigation dengan hasil belajar konsep Plantae kelas X SMA Negeri 2 Pos.