PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC BERBASIS KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP MEKANISME PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I POSO KOTA UTARA
Main Author: | Sumadial, Sumadial |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsimar.ac.id/75/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific berbasis karakter terhadap hasil belajar pada konsep mekanisme pernapasan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara yang berjumlah 121 yang terdiri dari 6 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah siswa 29 prang dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan Post-tes Control Group Design. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thuing > ttabel sehingga thitung 1.746 > ttabel 1.673 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran scientific berbasis karakter Terhadap Hasil Belajar Pada konsep mekanisme pernapasan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso kota utara Tahun Ajaran 2018/2019.