PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN POSO

Main Author: Oktaviyana, Oktaviyana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unsimar.ac.id/155/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso dan faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang -diperoleh langsung dari obyek penelitian melalui observasi dan wawancara. Data ini dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis mengenai permasalahan penelitian yang berhubungan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso yang dinilai melalui indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati masih belum terpenuhi sepenuhnya. Hal ini dilihat dari beberapa indikator yang belum sesuai keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, serta sikap pegawai dalam proses pelayanan. Sedangkan faktor-faktor yang memepengaruhi kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana Prasarana.