CARD SORT MELALUI ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU
Main Authors: | Syarifah, Habibah Asy, Azizah, Lutfiana Fazat, Meita, Nisfil Maghfiroh |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Wiraraja
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/8 http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/8/8 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-Unggulan MTs Sumber Payung dengan penerapan Card sort melalui Active Learning. Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. masing-masing siklus dengan dua pertemuan. Siklus penelitian diadopsi dari Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keaktifandianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian munujukkan data sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran meningkat setiap siklusnya dengan persentase pada siklus I91,33% dan siklus II 93,88% dengan kategori sangat sesuai RPP/Sangat baik; 2) Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dengan persentase siklus I 58% dan siklus II 66,5% dengan kategori keaktifan sedang.