Peran Mediasi Kepuasan Dalam Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Institusi Terhadap Retensi Mahasiswa

Main Authors: SULISTYAN, RIZA BAHTIAR, Pradesa, Hafid Aditya, Kasim, Kasno T
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widyagama Lumajang , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/wiga/article/view/337
http://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/wiga/article/view/337/211
Daftar Isi:
  • Retensi mahasiswa bersifat penting bagi keberhasilan sebuah institusi pendidikan ti ggi dan kepuasan yang dirasakan mahasiswa merupakan faktor penting untuk mencapai retensi tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji model yang terintegrasi dari kualitas layanan dan citra institusi terhadap retensi secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan mahasiswa. Sekitar 106 siswa dari lima institusi pendidikan tinggi di sekitar Lumajang, Jawa Timur, turut berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian. Pemodelan persamaan struktural dengan basis pendekatan Partial  Least Square (PLS) digunakan untuk menguji hipotesis yang dikembangkan dari kajian empiris sebelumnya. Dari tujuh hipotesis yang diajukan, hanya satu yang ditolak, yakni tidak adanya efek penting dari citra institusi yang dirasakan mahasiswa terhadap retensi yang ditunjukkan. Dari data empiris dan model konseptual yang telah dibangun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa memiliki peran mediasi penting atas pengaruh kualitas layanan dan citra institusi yang dinilai oleh mahasiswa untuk mendorong kemauan tetap tinggal dan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan temuan menarik yang menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa atas institusi pendidikan tinggi lebih dipengaruhi oleh citra institusi dibandingkan dengan kualitas layanan. Berdasarkan temuan penelitian, gagasan untuk membangun citra institusi yang lebih baik dan memberikan layanan pendidikan yang berkualitas untuk mendorong kepuasan mahasiswa lebih tinggi menjadi sangat penting di industri pendidikan mempertimbangkan bahwa secara umum dalam pemasaran biaya untuk menarik pelanggan jauh lebih tinggi daripada biaya untuk mempertahankannya.