Pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa

Main Authors: Astuti, Sri Rezeki, Dayanti, Salfiyah Isma; Univertas Ibn Khaldun Bogor, Laily, Nujumul; Univertas Ibn Khaldun Bogor, Hasanah, Raudhah Aisyu; Univertas Ibn Khaldun Bogor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/2878
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/2878/1727
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian yang akan kami lakukan yaitu untuk: 1) Untuk menganalisis latar belakang pendidikan orang tua Mts Darul Himmah. 2) Untuk menganalisis seberapa penting bimbingan orang tua dalam motivasi belajar siswa Mts Darul Himmah. 3) Untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa MTs Darul Himmah Depok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 77 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear ganda dengan SPSS 16. Berdasarkan data SPSS 16, diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,212 dengan nilai probalitas (Sig) 0,000.karena nilai probalitas (Sig) 0,000 < 0,05 maka model persamaaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan.Model persamaan regresi berganda untuk memperkirakan motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan bimbingan orang tua adalah 5.632 + 0.120X1 + 0.342X2. Kesimpulan penelitian ini yaitu latar belakang pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. AbstractThis research is motivated by the results of observations and experiences of researchers that student motivation is relatively low, there are still many students who are less active in learning. The purpose of the research we will do is to: 1) To analyze the educational background of MTs Darul Himmah's parents. 2) To analyze how important parental guidance is in students' motivation in MTs Darul Himmah. 3) To analyze the influence of educational background and parental guidance on student motivation in MTs Darul Himmah Depok. This study uses a quantitative approach with a sample of 77 students. Data collection techniques using questionnaire. The data obtained were then analyzed using the multiple linear regression test with SPSS 16. Based on the SPSS 16 data, a Fount value of 10.212 was obtained with a probability value (Sig) of 0.000. Because the probability value (Sig) of 0,000 <0.05, the regression equation model was based the research data is significant. The multiple regression equation models for estimating student motivation is influenced by educational background and parental guidance is 5,632 + 0.120X1 + 0.342X2. The conclusion of this study is that the educational background of parents does not have a significant effect on student motivasion. There is a significant influence between parental guidance on student motivasion.