UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PARIAMAN
Main Authors: | Hadi, Deri Indra, Junaidi, Junaidi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
, 2018
|
Online Access: |
http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/14 http://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/14/7 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran sosiologi di sekolah tidak hanya memberi tekanan pada pemahaman tetapi membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pariaman dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini terdiri atas dua siklus.Instrumen penelitian berupa lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.