Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas IV Sekolah Dasar

Main Authors: siswojo, siswojo, Hendriani, Dwi, Purwanto, Edi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur (URL: http://poltekkes-kaltim.ac.id/) , 2017
Online Access: http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/17
http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/17/25
Daftar Isi:
  • Permulaan menstruasi mungkin akan menjadi peristiwa yang traumatik bagi beberapa remaja putri yang tidak mempersiapkan terlebih dahulu. Perilaku menyimpang  dapat merugikan mereka sendiri yang disebabkan karena ketidakpahaman  tentang perubahan diri saat sudah mendapat menstruasi, dan ketidaksiapan diri terhadap kewajiban ketika mengalami menarche.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeetahui hubungan pengetahuan siswi kelas IV SD dengan kesiapan menghadapi menarche di SD Muhammadiyah 1 Samarinda tahun 2012. Desain dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel secara total sampling pada 97 responden,  Hasil analisa data dengan menggunakan uji t-test dilanjutkan dengan Continuity Correction menunjukkan p-value = 0,001 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga    dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan siswi kelas IV SD tentang menstruasi dengan kesiapan menghadapi menarche di SD Muhammadiyah 1 Samarinda
  • The onset of menstruation might be a traumatic event for some young women who do not prepare themselves in advance.   Deviate behavior can harm themselves because ignorance of the changes herself when have got menstrual, and  they do not ready to obligation when he was menarche.This report is written with the purpose of mengeetahui relations knowledge grade student iv primary schools with better prepare for menarche in Primary Schools muhammadiyah 1 Samarinda 2012.  Design of the research is analytic by cross sectional approach. The sample overall sampling on 97 respondents , the data analysis by using the t-test followed by continuity correction showed p-value = 0,001 at standard significant α =   0,05,  so that it can be concluded that there is a significant relation exists between knowledge of fourth grade menstrual about with readiness face menarche in Primary School Muhammadiyah 1 Samarinda.