FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT LABUANG BAJI KOTA MAKASSAR

Main Authors: saleh, muhammad, satriani, satriani
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: poltekkes kemenkes makassar , 2018
Online Access: http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/view/768
http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagigi/article/view/768/345
Daftar Isi:
  • Pemerintah melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-BPJS bertanggung jawab atas pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat bagi perorangan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kesehatan berdasar pada lima dimensi yaitu realibility, assurance, tangible, emphaty dan responsiveness.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian yaitu seluruh pengunjung BPJS di Rumah Sakit Labuang Baji Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang.Hasil penelitian menunjukkan semua dimensi pelayanan kesehatan memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien dengan kategori puas. Kata Kunci : Kepuasan Pelayanan Kesehatan, BPJS