PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK-ELEKTRONIK (E-LKPD) LUMUT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Authors: | Ma'rufah, Siti Ma'rufah, wisanti, wisanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
, 2023
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/47102 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/47102/41963 |
Daftar Isi:
- Berpikir kritis termasuk tuntutan keterampilan yang perlu dikuasai siswa pada abad ke-21. Pendekatan saintifik dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Upaya untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan menggunakan bahan ajar sesuai dengan abad ke-21 yaitu berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD Lumut untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk E-LKPD yang dihasilkan telah melalui proses telaah, revisi dan uji coba. Validitas E-LKPD diperoleh menggunakan instrumen validasi dengan memperhatikan aspek penyajian, isi, dan kebahasaan. Kepraktisan E-LKPD diperoleh menggunakan instrumen observasi keterlaksanaan. Keefektifan E-LKPD diperoleh menggunakan nilai tes berpikir kritis untuk menunjukkan persentase jumlah siswa yang memperoleh kriteria baik hingga sangat baik, dan respons positif siswa. E-LKPD dikategorikan valid apabila skor validasi ≥2,51, praktis apabila persentase keterlaksanaan ≥51%, dan efektif apabila persentase jumlah siswa kriteria baik hingga sangat baik pada tes berpikir kritis ≥70% dan respons positif siswa ≥75%. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi E-LKPD sebesar 3,88 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan E-LKPD topik 1 dan topik 2 secara berturut-turut sebesar 99,05% dan 100% (sangat praktis). E-LKPD Lumut dinyatakan efektif dengan persentase jumlah siswa memperoleh kriteria baik hingga sangat baik pada tes berpikir kritis indikator interpretasi, analisis, dan eskplanasi secara berturut-turur sebesar 80%, 73,33%, dan 86,67% dan persentase respons positif siswa sebesar 95,10% (sangat baik). E-LKPD Lumut dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA. Kata Kunci: E-LKPD, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis, lumut