Validitas LKPD Berbasis PjBL pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA
Main Authors: | Setiawan, Eka, Indana, Sifak |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38580 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38580/33978 |
Daftar Isi:
- Keterampilan berpikir kreatif merupakan life skills yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Peserta didik dapat berlatih keterampilan tersebut melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PjBL) pada materi spermatophyte. Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dapat membuat pembelajaan PjBL menjadi lebih terarah. Tujuan pengembangan LKPD spermatophyte berbasis proyek adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan validitas LKPD berbasis PjBL pada materi Klasifikasi Tumbuhan Sprematophyta untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA. Metode penelitian mengacu pada four-D models yakni pendefinisian (define) dan perancangan (design) dan pengembangan (develop) tanpa tahap penyebaran (disseminate). Validasi LKPD dilakukan oleh 2 validator, yakni pakar taksonomi tumbuhan tinggi dan pakar pendidikan berdasarkan aspek penyajian, isi dan kebahasaan. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Validitas medapatkan rerata skor 3.86 pada aspek penyajian, 3.5 pada aspek isi dan 4 pada aspek kebahasaan. Berdasarkan validitas tersebut, LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan dinyatakan valid dan sesuai digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikit kreatif siswa kelas X SMA Kata kunci: spermatophyta, validitas, LKPD, PjBL