Validitas Pengembangan LKS Berbasis CTL pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA

Main Authors: Rosa, Wahidatul Fitria, Susantini, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36766
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36766/32597
Daftar Isi:
  • Karakteristik materi ekosistem bersifat kontekstual. Untuk memfasilitasi pembelajaran kontekstual, diperlukan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). LKS berbasis CTL memberi kesempatan siswa melakukan kegiatan berupa keterampilan proses dalam aspek kerja ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas LKS berbasis CTL pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate tanpa dilakukan tahap penyebaran. LKS yang dikembangkan diuji tingkat validitasnya oleh dua validator yaitu dua dosen jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya menggunakan lembar instrumen validasi. Beberapa kriteria yang diuji tingkat kelayakannya meliputi kriteria kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Berdasarkan uji validasi LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan pemerolehan nilai  rata-rata sebesar 3,61.    Kata Kunci: Validitas LKS, CTL, Keterampilan Proses Sains, Ekosistem.