KETERLAKSANAAN DAN KEEFEKTIFAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA
Main Authors: | Novitasari, Rizki, Puspitawati, Rinie, Yakub, Pramita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/31360 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/31360/28450 |
Daftar Isi:
- Abstrak Keterampilan argumentasi dibutuhkan di kehidupan abad 21, salah satu cara melatihkan argumentasi melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model collaborative learning. Collaborative learning merupakan sebuah strategi yang terstruktur berupa dialog atau argumen untuk memecahkan masalah. Pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa yang telah valid oleh Windi Nur Pratama dan Khoirotun Nafiāah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas siswa dan keefektifan model collaborative learning terhadap hasil belajar argumentasi pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket aktivitas siswa dan pretest-posttest. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian keterlaksanaan model collaborative learning untuk melatih keterampilan berargumentasi siswa memperoleh rata-rata sebesar 97,39% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata hasil keefektifan dari hasil belajar argumentasi sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Kata kunci: collaborative learning, argumentasi, keterlaksanaan, keefektifan