KELAYAKAN TEORITIS BUKU AJAR COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI FUNGI UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA

Main Authors: Khoirunnisa', Dewi, Rachmadiarti, Fida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28826
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28826/26393
Daftar Isi:
  • Buku ajar sebagai sumber belajar harus memenuhi tuntutan kurikulum 2013 yakni dapatdiimplementasikan pada pembelajaran abad 21. Collaborative learning merupakan model pembelajaranyang berfokus pada kerjasama peserta didik dengan tahapan engagement, exploration, transformation,extention, presentation dan reflection. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan buku ajar berbasiscollaborative learning materi fungi untuk melatihkan literasi sains peserta didik yang layak secara teoritis.Kelayakan teoritis diperoleh dari hasil validasi buku ajar yang ditinjau dari kelayakan isi, penyajian dankebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode 4D meliputi tahap define,design, develop dan disseminate, akan tetapi pada tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan datamenggunakan metode validasi. Data hasil validasi buku ajar berbasis Collaborative Learning pada materifungi diperoleh dari validator berupa skor setiap kriteria kemudian dihitung rata-rata nilai tersebut. Hasilpenilaian akan dianalisis secara deskriptif menggunakan persentasi kelayakan buku ajar. Hasil penelitianmenunjukkan validitas buku ajar yang dikembangkan sebesar 3,81 dengan kelayakan 95,3%. Hasilmenunjukkan bahwa buku ajar berbasis collaborative learning yang telah dikembangkan layak secarateoritis untuk melatihkan literasi sains.Kata Kunci: Buku ajar, collaborative learnig, literasi sains, fungi.