VALIDITAS DAN KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI FUNGI UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X SMA
Main Authors: | Wahyuningtias, Hanum, Isnawati, Isnawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28823 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28823/26391 |
Daftar Isi:
- Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis literasi sains pada materi fungi berdasarkan pada tingkatliterasi sains Indonesia yang masih rendah. Berdasarkan observasi materi jamur pada kelas X SMA dianggap sulitkarena memiliki sub materi yang banyak serta terdapat banyak kata -kata yang sulit dipahami. Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk menghasilkan validitas dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis literasi sains pada materifungi. Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan menggunakan model 4-D, yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Namun dalam penelitian ini tahap Dessiminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan LKPDberbasis literasi sains dilaksanakan di kampus Jurusan Biologi FMIPA UNESA pada bulan September s/d Februari2019. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Puri Mojokerto. Data dianalisi s secaradeskriptif kuantitatif dengan metode validasi, tes dan angket sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembarvalidasi, lembar pree test dan post test dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telahdilakukan menunjukkan bahwa validitas LKPD yang telah ditelaah oleh dua dosen dan satu guru biologi memperolehnilai sebesar 3,72 dengan kategori sangat valid. Keefektifan ditinjau dari respon siswa, ketercapaian indikator, dan hasilbelajar siswa dengan presentase 98,47%, 84%, dan 84,75% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yangdikembangkan oleh peneliti masuk dalam kategori valid dan efektif.Kata Kunci: validitas, keefektifan, lkpd, literasi sains, fungi, berpikir tingkat tinggi