PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA
Main Authors: | Lette, Mardiana, Kuntjoro, Sunu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28822 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28822/26390 |
Daftar Isi:
- Keterampilan proses sains merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan siswa untuk membentuklandasan dasar dalam mengembangkan diri. Project Based Learning dapat meningkatkan tingkat kreativitas dari siswa. Selain itu pembelajaran berbasis proyek juga dapat mengarahkan siswa agar dapatmenyelesaikan suatu permasalahan. Pembelajaran biologi dapat dilakukan dengan mmemberikan pengalamanbelajar secaraa langsung kepadaa siswa melalui penerapan keterampilann prosess yang dajarkan melalui modelpembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran materi perubahan lingkungan. Materi perubahanlingkungan menuntut siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan lingkungan sekitar . Tujuandari penelitiann adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis project based learninguntuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan yang layak secara teoritisberdasarkan hasil validasi dan layak secara kepratisan berdasarkan keterlaksanaan dan responsiswa. Penelitianinii adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode 4D, yang terdiri dari define, design,develop, dan disseminate, namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Uji coba LKPD dilakukan pada 20peserta didik kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Pengumpulanndata menggunakann metodevalidasi, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis project basedlearning dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai validitas sebesar 81% dengan kriteriasangat layak. Kelayakan LKPD secara kepratisan berdasarkan keterlaksanaan LKPD sebesar 93,75% dan hasilketerlaksanaan aktivitas siswa sebesar 99,17%, respons siswa terhadap LKPD sebesar 98,75% dengan kriteriasangat layak. Parameter kelayakan teoritis dan kelayakan praktis ≥70%. Data dianalisis secara deskriptifkuantitatif. Kata Kunci: LKS, Modell project based learning, Keterampilann proses sains, Perubahan lingkungan.