VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA

Main Authors: Afannudin, Mas, Winarsih, Winarsih, Budijastuti, Widowati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya , 2019
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28821
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28821/26389
Daftar Isi:
  • LKS merupakan panduan ajar cetak yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugaspembelajaran yang harus dikerjakan. Pada penelitian ini LKS yang akan dikembangkan yaitu LKS berbasis PjBLyang memfokuskan pada pengembangan produk atau unjuk kerja. Pada LKS berbasis PjBL materi yang dapatdigunakan salah satunya materi daur ulang limbah. Limbah yang akan didaur ulang yaitu limbah kertas. Proyekdaur ulang kertas yang dibuat nantinya akan dapat dijual dan dapat melatih jiwa kewirausahaan bagi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas LKS berbasis Project Based Learning untukmelatihkan entrepreneurship materi daur ulang limbah secara teoritis. Jenis penelitian ini adalah penelitianpengembangan yang mengacu pada metode 4-D (tanpa tahap disseminate). Ujicoba terbatas dilakukan kepada 16siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Pada penelitian ini met ode pengumpulan datamenggunakan metode validasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil telaah oleh ahlimenunjukkan LKS berbasis Project Based Learning untuk melatihkan entrepereneurship mendapatkan persentase86,34%, berdasarkan hasil tersebut LKS dinyatakan sangat valid secara teoritis.Kata Kunci: LKS, Project Based Learning (PjBL), entrepreneurship, daur ulang limbah.