KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SUBMATERI TUMBUHAN PAKU UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X

Main Authors: MIRNAWATI, IVA, Indana, Sifak, Kartika Indah, Novita
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: BioEdu , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/14528
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan saintifik submateri tumbuhan paku untuk melatihkan keterampilan proses siswa kelas X yang layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi para ahli. Penelitian ini mengacu pada pengembangan Model 4D define, design, develop tanpa disseminate. Pengembangan LKS ini diharapkan dapat membantu siswa melatihkan keterampilan proses khususnya keterampilan mengamati, mengklasifikasidan mengkomunikasikan.Uji coba terbatas dilakukan di SMA Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan LKS layak secara teoritis meliputi aspek identitas LKS, teknis (penampilan), didaktik (isi), konstruksi (bahasa), kegiatan saintifik dan keterampilan proses yang dilatihkan yang mendapatkan persentase 95,38 % dengan kriteria sangat layak.