PENERAPAN LKS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

Main Authors: NUR IZZA, HASNA, Fitrihidajati, Herlina, Sri Prastiwi, Muji
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: BioEdu , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/14519
Daftar Isi:
  • Lembar kegiatan siswa (LKS) dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis didasarkan pengalaman ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan penerapan LKS scientific approach materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Keterlaksanaan penerapan LKS scientific approachdiketahui dari hasil LKS dan tes berpikir kritis. Metode penelitian yaituOne Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis di LKS memperoleh rata-rata persentase 89,3% dengan kategori sangat baik dan tes berpikir kritis memperoleh rata-rata persentase pretest dan posttest sebesar 33,5% dan 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan keterlaksanaan penerapan LKS scientific approach materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X.