Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelatihan Emergency Nursing 2 BAPELKES Batam Dalam Pemenuhan Kompetensi Aparatur Kesehatan

Main Author: Sari, Devi Melyana
Other Authors: Universitas Terbuka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi , 2014
Online Access: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JAPB/article/view/42
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JAPB/article/view/42/42
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kinerja Bapelkes Batam meliputi aspek input, proses, output dan outcomes penyelenggaraan pelatihan untuk mencapai kompetensi kerja SDM Aparatur Kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Fokus penelitian adalah bagaimana kinerja Bapelkes Batam dalam melaksanakan pelatihan teknis kesehatan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi dengan lokus wawancara melibatkan informan yaitu pegawai Bapelkes Batam yang terlibat dalam pemberian pelayanan serta studi dokumentasi pada dokumen laporan penyelenggaraan pelatihan Emergency Nursing 2 Tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Bapelkes Batam pada tahap input penyelenggaraan pelatihan dapat dikategorikan baik dengan kinerja rata-rata 86,97%. Kinerja proses penyelenggaraan pelatihan dikategorikan kurang dengan kinerja rata-rata 55,04%, dan kinerja outputs penyelenggaraan pelatihan dikategorikan sedang dengan kinerja rata-rata 70% serta kinerja outcomes dengan hasil adanya peningkatan penampilan kerja alumni dari sebelum pelatihan namun terdapat 2 (dua) kompetensi pelatihan tidak mengalami peningkatan pasca pelatihan. Informasi tingkat efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan dengan kategori tingkat sedang, hal ini dipengaruhi oleh capaian kinerja kepanitiaan yang kurang pada tahap proses. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Kinerja Bapelkes Batam dalam menyelenggarakan pelatihan teknis kesehatan belum optimal dari aspek SDM Penyelenggara dikarenakan proporsi kualitas dan tugas ganda yang diemban. Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja, Penyelenggaraan pelatihan. ABSTRACT This study was aimed at knowing how Bapelkes Batam performs its training to include aspects of input, process, output and outcomes to achieve competence for Healthcare Reform of the staff.. This study uses qualitative approach with a focus on how Bapelkes Batam conducted its health technical training. Data collection used in-depth interviews, observation and the study of documents. The respondents were Bapelkes Batam employees involved in service delivery and studies of reports on the implementation of Emergency Nursing Year 2012 Training. The results showed that the performance of Bapelkes Batam training at the input stage was good with an average performance of 86.97%. However the process performance could only be categorized as not good with an average performance of 55.04%, and the outputs could be categorized as sufficient with an average performance of 70%. There were better outcomes judging from the improved job performance of the graduates, but there there were two (2) competencies which did not improve after training. The evaluation of efficiency and effectiveness of the Bapelkes training was moderate due to the influence of the the evaluation committees that are less active at this stage of the process. The results of this study indicated that the performance of Bapelkes Batam in organizing technical training of health is not optimal seen from the aspect of quality of the organizers because of the substantial proportion of their dual tasks Keywords : Evaluation, Performance, Implementation of Training.