INOVASI DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA SISTEM LAYANAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO)
Main Authors: | HARUN, DHIA NAJMI ASTIKA, RARES, JOYCE, MAMBO, RULLY |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sam Ratulangi University
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/40070 https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/40070/35968 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi dalam pelayanan publik pada sistemlayanan online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat limaindikator yang dijadikan sebagai fokus pada penelitian ini yaitu : 1) Relative advantage (keuntunganrelatif), 2) Compatibility (kesesuaian), 3) Complexity (kerumitan), 4) Triability (kemungkinan dicoba),5) Observability (kemudahan diamati). Berdasarkan observasi yang dilakukan di DinasKependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado terkait layanan online sudah cukup baik, akantetapi masih terdapat beberapa kendala yang ditemui pada proses pelayanan online ini.Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Sistem Layanan Online