Strategi Dinas Koperasi dan Ukm dalam Pengembangan Sentra Keripik Tempe Sanan Malang
Main Author: | Astuti, Triana; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/993 |
Daftar Isi:
- Abstract: Strategy Dinas Koperasi dan UKM in the Development Centers Tempeh Chips Poor Sanan Malang. This research is conducted based on the inclusion of the era of free trade at the present time where many foreign products are free entry into the Indonesian market. The economic sector in Indonesia is very influential in the development of Indonesia’s economy is Small and Medium Enterprises or SMEs. One is the SME Malang, which centers Sanan Malang tempe chips. Malang City Government throught the Departement of Cooperatives and SMEs Malang need to havea strategy in development centers tempeh chips Sanan Malang. By using SWOT analysis is expected to find a suitable strategy for Cooperatives and SMEs Malang in development centers tempeh chips Sanan. Results from the study is the strategy undertaken by the Department of Coperatives and SMEs in the development centers tempeh chips Sanan include managerial training, access to marketing, and partnerships. Based on the SWOT analysis, suitable strategy for Cooperatives and SMEs Malang is SO strategy (Strength Opportunity). Keywords: strategy of development, Small and Medium Enterprises Abstrak: Strategi Dinas Koperasi dan UKM dalam Pengembangan Sentra Keripik Tempe Sanan Malang. Penelitian ini dilakukan atas dasar masuknya era perdagangan bebas pada masa sekarang dimana banyak produk luar negeri yang bebas masuk ke pasar Indonesia. Sektor ekonomi di Indonesia yang sangat berpengaruh dalam perkembangan perekonomian di Indonesia adalah Usaha Kecil Menengah atau UKM. Salah satunya adalah UKM di Kota Malang, yaitu sentra keripik tempe Sanan Malang. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang perlu memiliki strategi dalam pengembangan sentra keripik tempe Sanan Malang. Dengan menggunakan analisis SWOT diharapkan dapat menemukan strategi yang cocok untuk Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam pengembangan sentra keripik tempe Sanan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan Dinas Koperasi dalam pengembangan sentra keripik tempe Sanan meliputi pelatihan manajerial, akses pemasaran, dan kemitraan. Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang cocok untuk Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang adalah strategi SO (Strength Opportunity). Kata Kunci: strategi pengembangan, Usaha Kecil dan Menengah