Upaya Pemerintah Daerah dalam Menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Studi pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Palembang)
Main Author: | Abdi, Dicky Setya; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2015
|
Online Access: |
http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/960 |
Daftar Isi:
- Abstract: The Effort of Local Government in Developing Micro-Small-Middle Enterprises through One-Door Integrated Service (Study at Integrated Permit Service Office for Palembang City). Based on the results of research conducted, Integrated Permit Service Office for Palembang City seeks to provide ease of business permit in order to develop Micro-Small-Middle Enterprises (UMKM) through one door integrated services. To achieve this goal, Integrated Permit Service Office for Palembang City including dissemination permit services through various media, electronic, online and go directly to people in Palembang. Integrated Permit Service Office for Palembang City ensure the creation of good permit services for implementing service standards in each type of service under its authority. Various service has been facilitated by Integrated Permit Service Office for Palembang City especially to Micro-Small-Middle Enterprises that trade through for the application of Business Work Permit and Company Token are free of charge, do an innovative for parallel permit service and also a removal action against middle persons who already went well. In addition Integrated Permit Service Office for Palembang City supported by professional human resources, infrastructure and work facilities are adequate and representative, and always coordinating with internal employees as well as other related Local Officer Work Unit (SKPD). However, Integrated Permit Service Office for Palembang City is still lacking of quantity of human resource which obstructs the punctuality of service process. Keywords: one-door integrated service, business permit, UMKM, innovation. Abstrak: Upaya Pemerintah Daerah dalam Menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Studi pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Palembang). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, KPPT Kota Palembang berupaya memberikan kemudahan perizinan usaha dalam rangka menumbuhkembangkan UMKM melalui pelayanan terpadu satu pintu. Untuk mewujudkan hal tersebut, KPPT Kota Palembang diantaranya melakukan sosialisasi pelayanan perizinan melalui berbagai media massa, elektronik, online maupun terjun langsung ke masyarakat Kota Palembang. KPPT Kota Palembang menjamin terciptanya pelayanan perizinan yang baik karena telah menerapkan standar pelayanan di masing-masing jenis pelayanan yang menjadi kewenangannya. Berbagai kemudahan dilakukan KPPT Kota Palembang khususnya terhadap UMKM perdagangan yaitu melalui pelayanan SIUP dan TDP yang digratiskan, melakukan inovasi pelayanan izin paralel, dan penghapusan calo yang sudah berjalan dengan baik. Selain itu KPPT Kota Palembang didukung oleh SDM yang profesional, sarana prasarana dan fasilitas kerja yang sudah memadai dan representatif, dan selalu melakukan koordinasi dengan internal pegawai maupun SKPD terkait lainnya. Namun KPPT Kota Palembang masih dihadapkan oleh kurangnya sumber daya manusia yang ada sehingga seringkali waktu penyelesaian pelayanan menjadi terlambat. Kata Kunci: pelayanan terpadu satu pintu, perizinan usaha, UMKM, inovasi.