Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar)

Main Author: Maharani, Dyah Anggun; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/941
Daftar Isi:
  • Abstrac: Quality of Health Services for Community (Study of Health Services through the Social Security Organizing Body Health at RSD Mardi Waluyo Blitar). In achieving national development needs a healthy human resource. So the development in the field of health must be considered by the government. Health care is a public service, where the government is expected to meet the needs of the community in the health field. The quality of health services provided by the government are also expected either to meet public health needs. The results showed that the quality of health services to the community through Health BPJS in RSD Mardi Waluyo Blitar included either. Realized by the three principles of excellent service namely speed, cost and simplicity. However, there are still problems in the field, namely the implementation of service quality standards are still not properly implemented, suitability number of patients and the number of workers who do not fit, suitability rewarded with the workload that is still not appropriate, issue a claim from the hospital with BPJS Health which is quite complicated, rules change often. For that RSD Mardi Waluyo and BPJS Health should work together to improve the quality of public health. Keywords: healthcare service, service quality, BPJS Abstrak: Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat (Studi tentang Pelayanan Kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar). Dibutuhkan sumber daya manusia yang sehat untuk mencapai pembangunan nasional. Sehingga pembangunan di bidang kesehatan harus diperhatikan oleh pemerintah. Pelayanan kesehatan merupakan pelayanan publik, dimana pemerintah diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah juga diharapkan baik agar memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui BPJS Kesehatan di RSD Mardi Waluyo Kota Blitar termasuk baik. Diwujudkan dengan tiga prinsip pelayanan prima yaitu kecepatan, biaya dan kesederhanaan. Namun demikian masih terdapat masalah di lapangan, yaitu implementasi standar kualitas pelayanan yang masih belum terimplementasikan dengan baik, kesesuaian jumlah pasien dan jumlah tenaga kerja yang tidak sesuai, kesesuaian imbalan dengan beban kerja yang masih belum sesuai, masalah klaim dari pihak rumah sakit dengan BPJS Kesehatan yang cukup rumit, peraturan yang sering berubah-ubah. Untuk itu RSD Mardi Waluyo dan BPJS Kesehatan harus saling bekerjasama untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi masyarakat. Kata Kunci: pelayanan kesehatan, kualitas pelayanan, BPJS