Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk)

Main Author: Widyasmara, Marta; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/937
Daftar Isi:
  • Abstract: The Performance Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk). Population administration is an administration system of the state of Administrative aimed at providing the fulfillment of administrative rights associated with citizenship documents. Implementation of the orderly administration of population in the community, Dispendukcapil Nganjuk as institutions that have the responsibility of conducting the affairs of the population must be able to resolve the population problem. Type of services include the manufacture of bio resident population, KK, ID card, birth certificate, death certificate, Certificate Marriage, Divorce Act, Adoption Act, deed of ratification children, child recognition certificate and the making of moving population. Furthermore, performance of an organization can be said to bad, good and excellent can be measured and viewed using SPM. Based on the results of the study showed that the performance Dispendukcapil Nganjuk in the overall population administrative services has been good and work optimally. Keywords: performance, Departement of Populations and Civil Regristration, Residental Service, Nganjuk Abstrak: Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk). Administrasi kependudukan merupakan suatu sistem penyelenggaraan dari admnistrasi negara yang bertujuan memberikan pemenuhan hak-hak administratif yang berhubungan dengan dokumen dan data kependudukan. Untuk melaksanakan tertib administrasi kependudukan terhadap masayarakat, maka Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk selaku Instansi yang mempunyai tanggungjawab menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan harus mampu menyelesaikan persoalan kependudukan. Jenis pelayanan kependudukan meliputi pendaftaran biodata penduduk, pendaftaran Kartu Keluarga, pendaftaran Kartu Tanda Penduduk, pendaftaran Akta Kelahiran, Pendaftaran Akta Kematian, pendaftaran Akta Perkawinan, pendaftaran Akta Perceraian, pendaftaran Akta Pengangkatan anak, pendaftaran akta pengesahan anak, pendaftaran akta pengakuan anak dan pembuatan surat pindah penduduk. Selanjutnya, Kinerja suatu organisasi dapat dikatakan buruk, baik dan sangat baik dapat diukur dan dilihat dengan menggunakan Standar Pelayanan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk dalam pelayanan administrasi kependudukan secara keseluruhan sudah baik dan bekerja secara maksimal. Kata kunci: kinerja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pelayanan Kependudukan, Nganjuk