Inovasi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Di Bidang Pariwisata (Studi Dalam Aplikasi Banyuwangi Tourism Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi)

Main Author: Khasanah, Ilmi Uswatun; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/931
Daftar Isi:
  • Abstract: Local Government Innovation to Improve Information Service at Tourism Field (Study of The application of Banyuwangi Tourism at Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi). Technology in the globalization era which demands efficiency and effectiveness in public service, including that in tourism field. One of local potential tourisms is Banyuwangi Regency. Keeping the great number of visiting tourists, Banyuwangi the local government, has implemented an innovation for tourism information service. It begins with local innovation program by a theme of B-Diso(Banyuwangi Digital Society). The development of e-government content are supported by the Official of Tourism for Banyuwangi Regency by launching an innovation of tourism information service which uses android-based application. This innovation is called as “Banyuwangi Tourism”. Its sponsored by corporate social responsibility(CSR) of PT.Telkom. The quality of information service from this application is quite good. However, some factors are constraining the implementation such as less quantity and poor quality of human resource at IT field. As a result, it is possible that the application may stop due to the vulnerability to hackers. Keyword: innovation, application of Banyuwangi Tourism Abstrak: Inovasi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi di Bidang Pariwisata (Studi dalam Aplikasi Banyuwangi Tourism pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi). Teknologi pada era globalisasi yang menuntut efesiensi dan efektivitas dalam pelayanan publik, tidak terkecuali dalam bidang pariwisata. Salah satu daerah dengan potensi pariwisata yang tinggi adalah Kabupaten Banyuwangi. Untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tersebut, pemerintah Banyuwangi melakukan sebuah inovasi dalam hal pelayanan informasi pariwisata. Diawali dari program inovasi daerah bertema B-Diso (Banyuwangi Digital Society). Dalam pengembangan content e-government Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi meluncurkan sebuah inovasi pelayanan informasi pariwisata melalui aplikasi berbasis android “Banyuwangi Tourism” merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Telkom. Kualitas pelayanan informasi dari aplikasi ini cukup baik. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat faktor penghambat dari jumlah dan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang TI, sehingga aplikasi terhenti akibat terserang hacker/peretas. Kata kunci: inovasi, aplikasi Banyuwangi Tourism