Strategy Of Local Government To Empower Creative Industry In Local Souvenir (Study In Department of Cooperative, Industry, Trade and Tourism of Madiun City)

Main Author: Susanto, Isni Wahidiyah; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/921
Daftar Isi:
  • Abstrak: Strategi Pemerintah Daerah dalam Memberdayakan Industri Kreatif di Bidang Oleh-Oleh Khas Daerah (Studi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata Kota Madiun). Karena keadaan Kota Madiun yang minim akan sumber daya alam, maka pemerintah daerah perlu melakukan strategi untuk memberdayaan industri kreatif di bidang oleh-oleh khas daerah untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Kota Madiun. Selain dapat berkontribusi dalam PDRB Kota Madiun, dampak dari pemberdayaan tersebut juga dapat meningkatkan pendapat pengusaha dan mensejahterakan masyarakat karena kegiatan industri tersebut juga banyak menyerap tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan strategi tersebut masih muncul beberapa masalah seperti dalam pemberian modal yang masih belum merata karena persyaratan administratif yang tidak bisa dipenuhi oleh pengusaha kecil. Meskipun masih ada masalah yang muncul, tetapi pelaksanaan strategi pemerintah daerah dalam memberdayakan industri kreatif di bidang oleh-oleh khas Kota Madiun sudah berjalan cukup baik. Kata Kunci: strategi, pemberdayaan, industri kreatif Abstract: Strategy of Local Government to Empower Creative Industry in Local Souvenir (Study in Departement of Cooperative, Industry, Trade and Tourism of Madiun City). Due circumstances in Madiun City is minimal of natural resources, local governments need to do strategy for empowerment the creative industry in local souvenirs to support economic growth in Madiun City. Besides being able to contribute to the GRDP in Madiun City, the impact of the empowerment of entrepreneurs can also increase the income and welfare of the society because the industrial activities also absorb labor. The results showed that in the implementation this strategy still appear some problems such as the provision of capital which is still not evenly distributed because of administrative requirements that can not be fulfilled by small entrepreneurs. Although there are still problems that arise, but the implementation the strategy of local governments to empower the creative industry in local souvenirs in Madiun City conducted well enough. Keyword: strategy, empowerment, creative industry