Intervensi Sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Program Pengenalan Bencana Di Sekolah (Pena Sekolah) (Studi Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang)

Main Author: Rahman, Fadli Hibatur; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/896
Daftar Isi:
  • Abstract: Social Intervention of Badan Penanggulangan Bencana Daerah in Pengenalan Bencana di Sekolah Program(PENA Sekolah) (Study on Badan Penanggulangan Bencana Daerah of Kabupaten Malang). Since the introduction of the disaster should be done soon.We know that the people with age below 15 years is people can be the victims of disasters, causes a lack of knowledge or a lack of will to save themselves. Having unlucky number in elementary schools and junior high schools and there are some of the areas prone to the Pengenalan Bencana di Sekolah program so that the recognition of needs in schools. Kind of the study is a deskriptif method. Analysis of data, analysis taida is used analysis of the issue and that it is useful. Based on the research, the BPBD Kabupaten Malang advice given to the poor is clearly have to coordinate with other institutions, especially in the PMI permanenlyt, a set curriculum. More teachers, human resources or materials upgrading and doing sustainable material to innovate. So social intervention will also transfered in full to the target of the program that is the students schools and junior high. Keywords: Social Intervention, Disaster Management, Disaster Mitigation. Abstrak: Intervensi Sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam Program Pengenalan Bencana di Sekolah (PENA Sekolah) (studi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang) Pengenalan bencana seharusnya dilakukan sejak dini. Diketahui bahwa masyarakat dengan rentang umur dibawah 15 tahun sangat bisa menjadi korban bahaya bencana, dikarenankan kurang pengetahuan akan bencana dan tidak adanya fasilitas untuk penyelamatan diri. Kabupaten Malang memiliki banyak jumlah SD dan SMP serta terdapat beberapa daerah rawan bencana sangat memerlukan adanya pelaksanaan program Pengenalan Bencana di Sekolah(PENA Sekolah). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah Analisis TAIDA, Agar analisis masalah dapat terfokus dan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah BPBD Kabupaten Malang harus berkoordinasi dengan jelas dengan pihak lain terutama PMI, menetapkan kurikulum yang permanen, menambah sumberdaya manusia atau pengajar materi, dan melakukan upgrading secara berkelanjutan agar dapat memperbaharui materi. Demikian Intervensi Sosial juga akan tersampaikan dengan maksimal kepada sasaran program yaitu siswa-siswa SD dan SMP. Kata kunci: Intervensi Sosial, Manajemen Bencana, Mitigasi Bencana.