Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Main Author: Maharani, Ringgar; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/894
Daftar Isi:
  • Abstract: The Impact of Reference Service Quality of User Library Satisfication (Study at Library of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang). The purposes of this study is to identify the impact of reference service quality that include of Service Affect, Library as Place and Information Control to user library satisfication provided by The Library State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. This study used the method of explanatory research with quantitative approach. Technique of collecting the data was questionnaire and interview. The Sampling selection used accidental sampling method of 100 samples. The analytical method used is the method of multiple linear regression. The result of Simultaneous-test showed that the all independent variables in this study has affect simultaneously against user library satisfaction. In addition Partial-test shows that variable Affect of Service and Library as Place have significant impact toward user library satisfaction, but variable information control has not. The test of determination is 57,4 % user library satisfaction is influenced by Affect of Service, Library as Place and Information Control. The most influenced variable in satisfying the user library is affect of service. Keywords: reference service quality, affect of service, library as place, information control,User library satisfaction Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan referensi yang terdiri dari variabel Affect of Service (kemampuan dan sikap pustakawan), Library as Place (fasilitas dan suasana ruang perpustakaan) dan Information Control (sarana dan akses informasi) terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. penelitian in menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 reponden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji variabel. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa semua variabel kualitas layanan berpengaruh secara secara bersama-sama terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Service Affect dan Library as Place terhadap kepuasan pemustaka, sedangkan variabel control of information tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Uji determinasi pada penelitian ini menunjukkan kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh Service Affect, Library as Place dan Control of Information sebesar 57,4 %. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka dalam penelitian ini adalah variabel affect service/ kemampuan dan sikap pemustaka. Kata kunci: kualitas layanan referensi, service affect, library as place, information control,kepuasan pemustaka