Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Main Author: Anggraini, Tri Noviana; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/841
Daftar Isi:
  • Abstract: Effect of Public Participation and Quality of Service for Individual Taxpayer Compliance (Study on the Primary Tax Office South Malang). Tax which is the source of the nation's development. Tax compliance is one important factor in tax revenue. Factors that influence adherence society taxpayers to make tax obligations is community participation and quality of service. The purpose of this study is to determine how the influence of public participation and the quality of service provided to the compliance of tax payers on the Tax Office Primary South Malang. This type of research used by the researchers in this study is research explanation (explanatory research) with quantitative methods. The results of this study are significant effect simultaneously from variable participation and quality of services, community adherence to variable individual taxpayer. Also each independent variable (Public Participation and Quality of Service) in this study provide partial significant influence on Taxpayer Compliance. Keywords: Compliance individual taxpayers, public participation, quality of service tax Abstrak: Pengaruh Partisipasi Masyarakat dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Pajak yang merupakan sumber dari pembangunan bangsa. Kepatuhan wajib pajak merupakan salah satu faktor penting dalam penerimaan pajak. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan masyarakat yang wajib pajak untuk melakukan kewajibannya membayar pajak adalah partisipasi masyarakat dan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari partisipasi masyarakat dan kualitas dari pelayanan yang diberikan terhadap kepatuhan masyarakat wajib pajak pada KPP Pratama Malang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh signifikan secara simultan dari variabel partisipasi masyarakat dan kualitas pelayanan, terhadap variabel kepatuhan masyarakat wajib pajak orang pribadi. Juga masing-masing variabel independen (Partisipasi Masyarakat dan Kualitas Pelayanan) pada penelitian ini memberikan pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci: Kepatuhan wajib pajak orang pribadi, partisipasi masyarakat, kualitas pelayanan perpajakan