Strategi Dinas Perindag Dalam Mengembangkan Industri Kreatif Sektor Kerajinan Batu Marmer Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah (Studi Di Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung)

Main Author: Yasniasari, Anggun; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: "application/pdf" eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/836
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: STRATEGI DINAS PERINDAG DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI KREATIF SEKTOR KERAJINAN BATU MARMER Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah (Studi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten tulungagung) industri Kreatif sektor kerajinan batu marmer memiliki kontribusi terhadap ekonomi daerah, namun fenomena di Kabupaten Tulungagung saat ini masih memiliki daya saing yang rendah. Berkenaan dengan hal di atas, penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif, mengungkapkan bahwa strategi Dinas Perindag dalam mengembangkan sektor tersebut adalah (1) Mewujudkan struktur perekonomian daerah yang tangguh berlandaskan keunggulan kompetitif lokal terutama kontribusi dari pemanfaatan sumber daya alam secara lestari (2) Mendukung pengembangan Industri Kecil Menengah agar dapat meningkatkan produktifitas industri yang berdaya saing (3) Mewujudkan dan mendorong pengelolaan lingkungan bagi industri kecil dan menengah (IKM) (4) Meningkatkan daya saing daerah sehingga dapat memberikan kontribusi yang sangat berarti, baik bagi pembangunan lokal, regional maupun nasional (5) Mewujudkan standarisasi produk (6) Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan sehingga memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan per kapita penduduk dan penurunan angka pengangguran secara signifikan. Ke 6 (enam) strategi tersebut dianilisis menggunakan analisis Miles, Huberman, dan Saladana (2014) menunjukkan bahwa 4 (empat) strategi yang menjadi prioritas Dinas Perindag, yaitu Mewujudkan struktur perekonomian daerah yang tangguh berlandaskan keunggulan kompetitif lokal terutama kontribusi dari pemanfaatan sumber daya alam secara lestari dengan 4 (empat) program prioritas dan telah dilaksanakan. Kata Kunci : Strategi Dinas Perindag, Industri Kreatif, Daya Saing Daerah Abstract: Departement of industry and trade strategies in developing creative industries sector marble stone handicrafts to improve regional compatitivnes (studies in the department of industry and commerce of Tulungagung district). Department of industry and trade (Perindag) as technical agencies competent in addressing problems that are directly related to problems of creative industries, in particular the sector of handicraft marble stone in Tulungagung district. Creative industries sector of marble stone handicrafts has contributed to the economy of the area, but the phenomenon in Tulungagung district currently has low competitiveness. With regard to the above, research conducted with qualitative approach, revealed that the Department of Trade and Industry in developing a strategy for the sector is (1) Embody a strong regional economic structure based on local competitive advantages, especially the contribution of utilization of natural resources sustainably (2) Support the development of small and medium Industries in order to increase the productivity of industry which has a competitiveness (3) Embodyand and encourage environmental management for small and medium-sized industries (IKM) (4) Increase the competitiveness of the region so that it can contribute significantly, both for local development, regional and national (5) Embody the standardization of products (6) Realize sustainable economic growth so as to contribute to the improvement of the population's per capita income and a decrease in the unemployment rate significantly. The 6 (six) then use strategy analysis Miles, Huberman, and Saladana (2014) shows that only 4 (four) strategies a priority Department of Industry which Embodies a formidable regional economic structure based on local competitive advantages, especially the contribution of utilization of natural resources sustainably with 4 (four) program priorities and have been implemented. Keywords : Strategy Department of Industry,Creative Industries, Competitiveness Of Regions