Strategi Kampanye Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Kediri Tahun 2013 (Studi Terhadap Strategi Kampanye Tim Kampanye Pasangan Samsul Ashar-Sunardi)

Main Author: Toruan, Vitha Gabriela Lumban; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2014
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/633
Daftar Isi:
  • Abstract: Campaign Strategy of Kediri Regional Head Election in 2013 (Study for Campaign Strategy of Samsul Ashar–Sunardi Campaign Team). Campagin Strategy is important for bringing every candidates of Head Region to the victory of election. Each Candidates are helped by their Campaign Team in case of preparation and implementation of Campaign Strategy. As the candidate, Samsul Ashar-Sunardi with their team arranged and prepared strategies in order to in the Kediri Regional Head Elction in 2013. The strategies that used by them are campaign finance preparation, campaign team consolidation, segmentation, targeting and positioning. However those campaign strategies that have been done can’t bring the couple Samsul Ashar-Sunardi a victory. The Negative Campaign by the other candidates and public sentiment against the couple Samsul Ashar – Sunardi are the factors that cause them lose. Keywords: campaign strategy, election of bupati, walikota and gubernur Abstrak: Strategi Kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Kediri Tahun 2013 (Studi Terhadap Strategi Kampanye Tim Kampanye Pasangan Samsul Ashar-Sunardi). Strategi kampanye sangat diperlukan para kandidat calon Kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah untuk membawa mereka dalam pemenangan. Para kandidat dibantu oleh tim kampanye dalam penyusunan dan pelaksaan stategi kampanye. Seperti halnya pasangan Samsul Ashar-Sunardi beserta tim kampanye yang berupaya menyusun strategi untuk memenangkan Pemilukada Kota Kediri Tahun 2013. Strategi yang digunakan adalah menyusun pendanaan kampanye, konsolidasi tim kampanye, segmentasi, targeting dan positioning. Namun strategi kampanye yang telah dilakukan tersebut tidak dapat membawa pasangan Samsul Ashar-Sunardi pada kemenangan. Ada beberapa faktor penyebab kekalahan antara lain adalah adanya negative campaign dari pasangan lawan dan munculnya sentimen dari masyarakat terhadap pasangan Kata Kunci: strategi kampanye, PILKADA