Strategy Of Bank Sampah Malang (BSM) To Empowering Community ThroughThe Waste Management Innovation (A Study At Bank Sampah Malang Sukun)
Main Author: | Thalanta, Rino Oktatiansyah Adam; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
, 2014
|
Online Access: |
http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/632 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Strategi Bank Sampah Malang (BSM) Untuk Memberdayakan Masyarakat Melalui Inovasi Pengelolaan Sampah, Studi Kasus Di Bank Sampah Malang Sukun. Sampah menjadi masalah utama bagi kota-kota besar di indonesia, seperti misalnya kota Malang. Semakin tingginya jumlah penduduk kota Malang, membuat sampah yang dihasilkan juga semakin banyak. Selain itu, terbatasnya pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah. Maka dari itu, Bank Sampah Malang harus membuat strategi untuk memberdayakan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah. Jurnal ini membahas tentang bagaimana strategi Bank Sampah Malang untuk memberdayakan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi dalam strategi Bank Sampah Malang untuk pemberdayaan masyarakat melalui inovasi pengelolaan sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan dalam strategi Bank Sampah Malang bahwa Bank Sampah Malang sudah melakukan strategi dengan baik tetapi, masih perlu upaya yang harus dimaksimalkan dalam inovasi pengelolaan sampah seperti budidaya cacing, pengelolaan sampah organik yang belum optimal, lalu perlunya sosialisasi yang terus menerus agar inovasi pengelolaan sampah tersebut berkelanjutan. Kata kunci : Bank Sampah Malang, pemberdayaan, strategi, inovasi pengelolaan sampah Abstract : Strategy of Bank Sampah Malang (BSM) To Empowering Community Through The Waste Management Innovation. Garbage becomes a major problem for big cities in Indonesia, such as the Malang city. Increasing number of population of the Malang city, making the waste produced is also growing. Therefore, the limited of public knowledge of waste management. That is why, Bank Sampah Malang should make a strategy to empowering communities through the waste management innovation. This journal discusses how the Bank Sampah Malang strategy to empowering communities through innovative waste management. The purpose of this study was to determine and describe the problems faced in strategy of Bank Sampah Malang to empowering community throughthe waste management innovation. The research method used is qualitative with descriptive research approach. The finding of research showed Bank Sampah Malang that strategies has done well but, the strategy still needs to be maximized efforts in waste management innovations such as worm cultivating, organic waste management is not optimal, then Bank Sampah Malang needs to more socialization about waste management innovations. Keywords: Bank Sampah Malang, empowerment, strategy, waste management innovation