Skenario Kemitraan Pt. Pos Indonesia Dengan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dalam Meningkatkan Inovasi Dan Daya Saing (Studi Di Kantor Pos Ponorogo 63400 Dan Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi Dan Ukm Kabupaten Ponorogo)

Main Author: Satriawan, Fandy Akbar; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2014
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/591
Daftar Isi:
  • Abstract: The Scenario of Partnership between PT. Pos Indonesia and Small and Medium Enterprises (SMEs) in Enhancing Innovation and Competitiveness (Case Study in Kantor Pos Ponorogo 63400 and Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo). Kantor Pos Ponorogo 6340 was known to have an extensive network and trust from general public, that things were seen as a major potential. Along with it, SMEs in Ponorogo was also has potential which can be developed include the number of SMEs, product and the quality of SMEs products were quite good. The potential of these institutions will giving a benefit if be planned a partnership using scenario planning. The purpose of this study was to describe the process of cooperation that designed by scenario planning. The research used descriptive-qualitative method. The implementation of the scenario illustrated that Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo provide product recommendation based on criteria that has been agreed, and than the product was delivered to the Kantor Pos Ponorogo 63400 to be marketed using the two marketing strategies, the offline and online. The offline marketing was done by providing a showroom to display SMEs product, prepare the product delivery network by using the postal service, provides a means as a center of information and promotion of SMEs in Ponorogo. The online marketing was done by: setting up a website as a means of promotion of SMEs, prepare database of SMEs product and set up the network with another post office across Indonesia. Keywords: scenario planning, partnership, SMEs products. Abstrak: Skenario Kemitraan PT. Pos Indonesia dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing (Studi di Kantor Pos Ponorogo 63400 dan Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Ponorogo). Kantor Pos Ponorogo 63400 dikenal memiliki network yang luas dan trus dari masyarakat. Dua hal ini dipandang sebagai potensi utama bagi Kantor Pos Ponorogo. Bersamaan dengan itu, UKM di Ponorogo juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan, diantaranya: jumlah UKM, jumlah produk dan kualitas produk yang cukup baik. Potensi kedua aktor ini akan menimbulkan manfaat besar apabila dirancang sebuah kemitraan menggunakan scenario planning. Penelitian ini bertujuan menggambarkan proses pembuatan kerjasama. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaan skenario menggambarkan Dinas Indakop UKM Ponorogo memberikan rekomendasi produk UKM berdasarkan kriteria yang telah disepakati. Kemudian produk UKM dikirim ke Kantor Pos Ponorogo untuk dipasarkan secara offline dan online. Pemasaran offline dilakukan dengan menyediakan showroom untuk menampilkan produk, menyiapkan jaringan pengiriman via pos, menyediakan sarana sebagai pusat promosi UKM. Adapun pemasaran online dilakukan dengan menyiapkan website Pos sebagai sarana promosi UKM, menyiapkan database produk dan menyiapkan jaringan dengan kantor pos lain di seluruh Indonesia. Kata kunci: sceanrio planning, kemitraan, produk UKM.