Implementasi Kebijakan Pembentukan Account Representative Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Wajib Pajak (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bojonegoro)

Main Author: Prasetya, Heru; Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/233
Daftar Isi:
  • Abstract: Policy Implementation of Account Representative Establishment in Effort Taxpayer Service Increase. The main subject of this thesis is to determine how the implementation policy of the Account Representative establishment at KPP Pratama Bojonegoro. Whether the policy has been in accordance with the Ministry of Finance No. 98/PMK.01/2006 jo. 68/PMK.01/2008. This is done because there are taxpayers who do not pay taxes and there is also a tax objection. The method used is descriptive qualitative. The results showed that the implementation of the Account Representative establishment in accordance with the policy that has been seen from the implemented of several variables implementation by Edward III, which includes communication, resources, disposition. However, for the variable structure of the bureaucracy still not been implemented well. Factors affecting the implementation of the Account Representative consists of the factors supporting a good human resources, a good computer system, and a comfortable workplace. While inhibiting factor consists of the shortage of human resources, lack of communication, and not all good personality Account Representative Keywords: policy implementation, account representative Abstrak: Implementasi Kebijakan Pembentukan Account Representative dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Wajib Pajak. Pokok bahasan utama dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pembentukan Account Representative di KPP Pratama Bojonegoro apakah kebijakan tersebut telah sesuai dengan Kemenkeu No. 98/PMK.01/2006 jo No. 68/PMK.01/2008. Hal ini dilakukan karena masih ada wajib pajak yang belum bayar pajak dan juga masih ada yang keberatan pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Account Representative telah sesuai dengan kebijakannya yang terlihat dari sudah terlaksananya beberapa variabel implementasi menurut Edward III yang meliputi komunikasi, sumberdaya, disposisi. Namun, untuk variabel struktur birokrasi masih belum terlaksana baik. Faktor yang mempengaruhi implementasi Account Representative terdiri dari faktor pendukung SDM yang baik, sistem komputer yang baik, dan tempat kerja yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari kurangnya jumlah SDM, kurangnya komunikasi, dan belum semua kepribadian Account Representative baik.Kata Kunci: implementasi kebijakan, account representative