Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Pengelolaan Air Guna Mengatasi Kehilangan Air (Studi pada PDAM Kota Malang)

Main Author: Isman, Adhi Dwi; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1215
Daftar Isi:
  • Abstract: Strategy of Local Water Interprises (PDAM) in Water Management to Overcome Loss of Water (Program in PDAM of Malang City). One form of services provided by local government to the public is a service of clean water to daily needs. The responsibility was handed over to the Local Water Enterprise to manage, and distribute clean water directly to the public. In the distribution of clean water, a problem arises that the water loss. This water loss consists of physical loss, loss of non-physical, and non revenue water. This problem must be overcome to optimize the distribution of clean water. Taps forming a strategy to cope with each problem water loss. In the implementation of the strategy on the ground, influenced by two factors, supporting factors and inhibiting factors. The supporting factors in the strategy implementation, among others, (a) the availability of human resources professionals, (b) the availability of ancillary equipment, (c) the availability of the service complaints to receive reports from the public, and (d) public awareness in maintaining the condition menteran , Inhibiting factors, among others, (a) the difference mapping data and the size of the pipeline owned by PDAM to those in the field, and (b) the implementation of plumbing repairs done on the streets of the bustling protocol vehicles so that repairs be do it at night. Keywords: Strategy, Water Management, Water Losses, Public Service, Malang Abstrak: Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Pengelolaan Air Guna Mengatasi Kehilangan Air (Studi pada PDAM Kota Malang). Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan Pemerintah Daerah kepada masyarakat adalah pelayanan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tanggungjawab ini diserahkan kepada Perusahaan Daerah Air Minum untuk mengelola, dan menyalurkan air bersih langsung kepada masyarakat. Dalam penyaluran air bersih, timbul masalah yaitu kehilangan air. Kehilangan air ini terdiri dari kehilangan fisik, kehilangan non-fisik, dan air tak berekening. Masalah ini harus segera diatasi untuk mengoptimalkan penyaluran air bersih. PDAM membentuk sebuah strategi untuk mengatasi masing-masing masalah kehilangan air tersebut. Dalam pelaksanaan strategi di lapangan, dipengaruhi 2 faktor, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Adapun Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi, antara lain (a) tersedianya sumber daya manusia yang profesional, (b) tersedianya peralatan pendukung, (c) tersedianya layanan pengaduan untuk menerima laporan-laporan dari masyarakat, serta (d) kesadaran masyarakat dalam menjaga kondisi menteran. Faktor penghambat, antara lain (a) perbedaan data pemetaan dan ukuran pipa yang dimiliki oleh PDAM dengan yang ada di lapangan, serta (b) pelaksanaan perbaikan pipa yang dilakukan di jalan-jalan protokol yang ramai kendaraan sehingga perbaikan dilakukan pada malam hari. Kata kunci: Strategi, Pengelolaan Air, Kehilangan air, Pelayanan Publik, Malang