Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 9001:2008 dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan (Studi di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 4 Kota Malang)

Main Author: Nurkasih, Bintang Aldini Wadib; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1199
Daftar Isi:
  • Abstract: The Implementation of Quality Management System ISO 9001:2008 to Improve the Quality of Education Services (A Study in SMK Negeri 3 and SMK Negeri 4 Kota Malang). The implementation of Quality Management System based on ISO 9001:2008 in SMKN 3 and SMKN 4 Malang is a way for the schools to upgrade their quality of education services. The implementation of QMS based on ISO 9001:2008 in SMKN 3 and SMKN 4 Malang can improve the quality of education services. This is supported explanatorily by the standards about the implementation of QMS based on ISO 9001:2008, good commitment between the holders, the attitudes of the implementers involving communication so that information can be conveyed properly, and the external environments includes customer satisfaction where the service is quite satisfactory. There are constraints from the internal and external schools that delay the implementation of QMS based on ISO 9001:2008 in SMKN 3 and SMKN 4 Malang. The researcher suggests to conduct a socialization about QMS based on ISO 9001:2008 every month, cultivate and analysis the data on customers satisfactory with concrete measurement and indicator form through questionnaire to the teachers, students, and parents every new academic year, and also conduct a monitoring and evaluating the service every three month. Keywords: education service, implementation, quality management system, ISO 9001:2008. Abstrak: Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 9001:2008 dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan (Studi di SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 4 Kota Malang). Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 9001:2008 SMKN 3 Malang dan SMKN 4 Malang merupakan salah satu cara agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Implementasi SMM berbasis ISO 9001:2008 di SMKN 3 Malang dan SMKN 4 Malang dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Hal ini didukung oleh standar dan tujuan mengenai implementasi SMM berbasis ISO 9001:2008 yang sudah jelas, komitmen antar pemegang proses implementasi yang cukup bagus, sikap para pelaksana yang melibatkan komunikasi dan informasi dapat tersampaikan dengan baik, dan lingkungan eksternal yaitu meliputi kepuasan pelanggan yang dalam pelayanannya sudah cukup memuaskan. Terdapat kendala dari dalam dan kendala dari luar sekolah yang menghambat proses implementasi SMM berbasis ISO 9001:2008 di SMKN 3 Malang dan di SMKN 4 Malang. Saran yang diberikan yaitu mengadakan sosialisasi yang mengenai SMM berbasis ISO 9001:2008 yang dilaksanakan minimal satu bulan sekali, mengolah dan menganalisis data atas kepuasan pelanggan dengan format indikator dan pengukuran yang jelas melalui hasil angket dan kuesioner yang dilakukan setiap tahun ajaran baru, dan melakukan pengawasan atau monitoring dan evaluasi pelayanan setiap tiga bulan. Kata kunci: pelayanan pendidikan, implementasi, sistem manajemen mutu, ISO 9001:2008.