Strategi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Main Author: Kusuma, Putri Tanjung Sari; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1195
Daftar Isi:
  • Abstract: Strategy of Social Health Security Agency (BPJS) in the Implementation of Nasional Health Insurance Program JKN) The National Health Insurance Program BPJS carried synchronously throughout Indonesia on January 1, 2014 with universal scope in 2019. To optimize policies in all health development activities, much needed analyze strategy, supporting factors and inhibitors BPJS to implement the work program are appropriate and well targeted using qualitative methods.With the quite a lot of BPJS Klok Sidoarjo participants, then BPJS Health has several strategies studied through four focus, that is ; (1) socialization strategy through direct socialization and dissemination through the media, (2) the strategy of cooperation with health facilities through the terms and assessment, (3) human resource management strategy organization through SMKPBK and Management of talent, (4) financial management strategy through asset BPJS and contributory health. In practice the need for synergy by all stakeholders to participate in supporting roles BPJS. Keywords: Strategy, Program, BPJS Health and Health Insurance Abstrak: Strategi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia pada 1 Januari 2014 dengan cangkupan semesta pada 2019. Untuk mengoptimalisasikan kebijakan dalam segala kegiatan pembangunan kesehatan, perlunya menganalisa strategi dan faktor Pendukung serta Penghambat BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan program JKN sebagai suatu cara untuk melaksanakan program kerja yang sesuai dan tepat sasaran dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan jumlah peserta BPJS Kesehatan KLOK Sidoarjo yang cukup banyak, maka BPJS Kesehatan memiliki beberapa strategi yang diteliti melalui empat fokus yaitu; (1) strategi sosialisasi melalui sosialisasi langsung dan melalui media, (2) strategi kerjasama dengan fasilitas kesehatan melalui persyaratan dan penilaian, (3) strategi pengelolaan sumberdaya manusia organisasi melalui SMKPBK dan manajement talent, (4) strategi pengelolaan keuangan melalui aset BPJS dan iuran kesehatan. Dalam prakteknya perlunya sinergi oleh seluruh stakeholder untuk ikut serta dalam mendukung peningkatan peran BPJS. Kata Kunci : Strategi, Program, BPJS Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan