Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui ISO 9001:2008 (Studi Pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya)

Main Author: Arifianto, Cahyo Dwi; Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2013
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/118
Daftar Isi:
  • Abstract: Efforts to Improve Service Quality Through ISO 9001:2008 In State Employment Agency Regional Office II Surabaya. State Employment Agency Regional Office II Surabaya is one of the government agencies responsible for the implementation and development services in the field of personnel who have implemented the ISO 9001:2008 standard. However, there are still some obstacles that occur in administrative officer services by service recipients. This study aims to identify and describe efforts to improve service quality through ISO 9001:2008 in State Employment Agency Regional Office II Surabaya. This research uses descriptive study with a qualitative approach. The focus of the study include: (1) efforts to improve service quality through ISO 9001:2008 in State Employment Agency Regional Office II Surabaya. (2) the factors that support and hinder efforts to improve service quality through ISO 9001:2008 in State Employment Agency Regional Office II Surabaya. The results of this study are still there are some obstacles encountered in efforts to improve service quality through ISO 9001:2008 in State Employment Agency Regional Office II Surabaya with supporting and inhibiting factors. Advice given is the State Employment Agency Regional Office II Surabaya should be more active in improving adminiatrasi staffing services in accordance with ISO 9001:2008 standards. Keywords: ISO 9001:2008, Quality Service, Administrative Officer Abstrak: Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui ISO 9001:2008 Pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya. Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya merupakan salah satu instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pelayanan dan pembinaan dalam bidang kepegawaian yang telah menerapkan standar ISO 9001:2008. Namun, masih saja terdapat beberapa hambatan yang terjadi dalam pelayanan administrasi kepegawaian oleh penerima pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui ISO 9001:2008 pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian antara lain: (1) upaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui ISO 9001:2008 pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui ISO 9001:2008 pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya. Hasil penelitian ini adalah masih saja terdapat beberapa hambatan yang ditemui dalam upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui ISO 9001:2008 pada Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya dengan faktor pendukung dan penghambat. Saran yang diberikan adalah Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya harus lebih aktif dalam meningkatkan pelayanan adminiatrasi kepegawaian sesuai dengan standar ISO 9001:2008. Kata Kunci: ISO 9001:2008, Kualitas Pelayanan, Administrasi Kepegawaian