PELAKSANAAN PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PU) Kota Blitar)

Main Author: Hidayati, Husnul; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1176
Daftar Isi:
  • Abstract: The Implementation of Service for Building Permit (IMB) (Study at the Office of Integrated Permit Service (KP2T) and the Official of Public Works and Housings (PU) in Blitar City). The government as the public servant is required to deliver the service to people because it is the right of people to acquire this service. Giving efficient and effective service in high quality may imply good satisfaction of people to the service provided. Permit service will also satisfy the people if the delivery of this service is arranged, coordinated and controlled properly. Building Permit (IMB) is a permit needed to construct certain building. This permit is also important also for the government to adjust urban space order to the local regulation of Blitar City. Result of research has shown that IMB service at the Office of Integrated Permit Service (KP2T) can be considered as favorable. The service is delivered fast with less complication. It is completed punctually. The cost for IMB registration involves different building tariff. The socialization of IMB service is held in face-to-face method. Supervision is provided directly or indirectly. IMB service is not maximal, however, because people lack of information about the steps needed to register with Building Permit (IMB) when they want to construct building, and also they lack of knowledge about the importance of to have IMB. These problems can be resolved by conducting socialization and supervision to help people understanding the procedure of IMB registration. Keywords: Public Service, Building Permit (IMB) Abstrak: Pelaksanaan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) dan Kantor Pekerjaan Umum (PU) Kota Blitar). Pemerintah sebagai pelayan publik berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memenuhi hak seharusnya diperoleh. Dengan Pelayanan yang efesien dan efektif menjadikan pelayanan yang berkualitas sehingga masyarakat merasa puas atas pelayanan tersebut. Termasuk pada pelayanan perizinan yang mempunyai kewenangan dalam memberikan izin kepada masyarakat dengan cara mengatur, mengkoordinir, dan mengawasi jalannya perizinan. Salah satunya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diperlukan guna melihat bangunan tersebut akan didirikan, bertujuan untuk menyesuaikan tata ruang kota dengan peraturan daerah yang ada pada Kota Blitar. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa pelayanan perizinan IMB di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kota Blitar menunjukkan prosedur pelayanan sudah tergolong cepat dan tidak berbelit-belit, penyelesaian pelayanan tepat waktu, biaya pengurusan IMB setiap tarif bangunan tidak sama, sosialisasi dengan cara tatap muka dan, pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Namun pada pelayanan perizinan IMB masih belum maksimal karena masyarakat kurang mengetahui informasi dan langkah-langkah untuk mengurus IMB ketika ingin mendirikan bangunannya, serta masyarakat kurang memahami atas pentingnya memiliki IMB. Hal ini perlu ditingkatkan sosialisasi dan pengawasan yang sudah ada agar masyarakat lebih mengetahui tata cara pengurusan perizinan IMB. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Izin Mendirikan Bangunan (IMB)