PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK), ELEKTRONIK RUKUN TETANGGA/RUKUN WARGA (e-RT/RW) (Studi e-Government di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya)

Main Author: Pratama, Rizky Hersya; Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1107
Daftar Isi:
  • Abstract : Public Service-Based Information Technology and Communication (ICT), Electronics Neighborhood / Pillars of Citizens (e-RT / RW). (Study of e-Government inward Ketintang District Gayungan Surabaya City Government). This study is based on the new way to manage public sector, a management-oriented to promote community service, rather than the interests of the government. With supported centralized information technology (information technology center), which then forms the service is known as e-Government. One of the e-Government program is the program e-RT / RW city of Surabaya. The research objective was to determine how the program e-RT / RW in the Village Ketintang, Gayungan Surabaya as sub pilot project, and what are the factors supporting and inhibit factors. The method used is descriptive research, which is known as a search for the facts with proper interpretation. This study aimed to describe the phenomenon that exist, both are natural and engineed. Then the data analysis method used is interactive analysis, which has four procedures that collect data, reduce the data, presenting data, and then the last, draw conclusions.The results showed the program e-RT / RW sourced from the Mayor of Surabaya. The Model policies that use is top down and bottom up since the policy came from the superiors, but the public is also involved to provide participation. Factors supporting the e-RT / RW in the ward Ketintang district, Gayungan, Surabaya is the full support of the government and related parties, their basic service standards and infrastructure are qualified. While inhibiting factor that is of public interest, the lack of internal support, and lack of maintenance of facilities and infrastructure. From these results, the researchers suggest that the necessary socialization harder, but not merely socialization but also training to people to operate them online. Accountability transparent funding. Holding intense communication forum, adding website content, and control of the technical constraints with a thorough evaluation. Keywords : e-Government, e-RT/RW, programs . Abstrak: . Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Elektronik Rukun Tetangga/Rukun Warga (e-RT/RW). (Studi e-Government di Kelurahan Ketintang Kecamatan Gayungan Pemerintah Kota Surabaya). Penelitian ini dilandasi oleh cara pandang baru dalam mengelola sektor publik, pengelolaan yang berorientasi mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, ketimbang kepentingan pemerintahan. Dengan ditunjang teknologi informasi terpusat (information technology center) yang kemudian bentuk pelayanan ini dikenal sebagai e-Government. Salah satu program e-Government ini adalah program e-RT/RW kota Surabaya. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana program e-RT/RW di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan Kota Surabaya sebagai sub pilot project, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang menyertainya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada baik bersifat alamiah maupun rekayasa. Kemudian metode analisa data yang digunakan adalah analisa interaktif, yang memiliki empat prosedur yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, lalu yang terakhir, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan program e-RT/RW bersumber dari Walikota Surabaya Faktor pendukung program e-RT/RW di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya adalah support penuh dari pemerintah dan pihak terkait, adanya standar pelayanan baku dan infrastruktur yang mumpuni. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu animo masyarakat, kurangnya dukungan pihak internal, dan kurangnya maintenance sarana prasarana,. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa diperlukan sosialisasi lebih giat, namun tidak sekedar sosialisasi namun juga pelatihan kepada masyarakat untuk mengoperasikan secara online. Akuntabilitas pendanaan yang transparan. Mengadakan forum komunikasi yang intens, penambahan konten website, dan pengendalian kendala teknis disertai evaluasi secara menyeluruh. Kata kunci: e-Government, Program, e-RT/RW