EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBANTUAN PETA TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN KOVARIABEL MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN I KUTA BADUNG TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Main Authors: ., PENI SETIYOWATI, ., Prof. Dr. Gde Anggan Suhandana, ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/966
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/966/717
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, setelah dikendalikan variabel motivasi berprestasi, (3) besar kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA N I Kuta. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian (Anakova) 1 jalur dengan uji-F. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ post test only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPS SMA Negeri I Kuta yang terdiri dari tiga rombongan belajar. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling, dari tiga rombongan belajar yang ada diambil secara random satu kelas sebagai sampel, satu kelas diambil sebagai kelompok eksperimen (kelas yang mengikuti pembelajaran metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (kelas yang mengikuti model pembelajaran konvensional) dengan teknik undian. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa yang mengikuti pelajaran dengan metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik dan hasil belajar geografi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional dengan FHitung = 20,774 dengan signifikansi = 0,000 (p < 0,05), (2) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran ekspositori berbantuan peta tematik dan hasil belajar geografi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajar an konvensional setelah diadakan pengendalian pengaruh motivasi berprestasi dengan Fhitung = 30,063 (p