PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) BERBASIS MULTIKULTUR TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PKn

Main Authors: Sriwindari, N.P, Yudana, M, Suhandana, G
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/623
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/623/408
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : sikap sosial dan prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran TKN berbasis multikultur dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sikap sosial siswa yang mengikuti pembelajaran TKN berbasis multikultur menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang dilakukan dengan uji anava satu jalur diperoleh Fhitung = 55,80 dan hasil ini signifikan pada signifikansi 0,05. (2) prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran TKN berbasis multikultur menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang dilakukan dengan uji anava satu jalur diperoleh Fhitung = 41,33 dan hasil ini signifikan pada signifikansi 0,05. (3) sikap sosial dan prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran TKN berbasis multikultur menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS menunjukkan harga F = 38,757 dengan signifikansi 0,000 untuk Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s dan Roy’s Largest Root memiliki signifikansi lebih kecil dari 0,05. Artinya harga untuk Pillai’s Trace, Wilks’Lambda, Hotelling’s dan Roy’s Largest Root signifikan. Kata kunci : Pembelajaran TKN, Sikap Sosial, dan Prestasi Belajar Abstract This study aimed to determine the differences: social attitudes and academic achievement between students the Civics TKN-based learning and multicultural students conventional learning.The results showed that: (1) the social attitudes of students TKN-based multicultural learning showed no significant differences with the students conventional learning. Based on the results of statistical calculations performed with the ANOVA obtained F value = 55.80 and this result is significant at the 0.05. (2) the students’ achievement the Civics TKN-based multicultural learning showed no significant differences with the students conventional learning. Based on the results of statistical calculations performed with the ANOVA obtained F value = 41.33 and this result is significant at the 0.05. (3) the students’ social attitudes and learning achievements the Civics TKN-based multicultural learning showed no significant differences with the students conventional learning. Based on calculations by SPSS show the score F = 38.757 with a significance of 0.000 for Pillai's Trace, Wilks'Lambda, Hotelling's and Roy's Largest Root has a significance less than 0.05. It means that the score for Pillai's Trace, Wilks'Lambda, Hotelling's and Roy's Largest Root significant. Key words: Learning TKN, Social Attitudes, and Learning Achievement