PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA
Main Authors: | ., MADE PURI HARIYANI, ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp., ., Dr.DRS. I WAYAN MUDERAWAN, MS. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1948 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. (2) mendeskripsikan perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent postest only control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa XI IPA 5 dan XI IPA 7 SMA N 3 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik simple random sampling Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA. Sebagai tindak lanjut dari MANOVA, digunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan skor rata-rata tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan proses sains dan hasil belajar kimia siswa yang mengikuti model Learning Cycle 5E lebih baik daripada siswa yang mengikuti midel langsung (F= 239.271; p