PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII MTs NEGERI PATAS

Main Authors: ., FAJAR MUCHOTIMAH, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd., ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1943
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas VII MTs Negeri Patas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Patas. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pendekatan saintifik dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTs Negeri Patas, motivasi belajar siswa yang mengikuti pendekatan saintifik hasilnya lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang mengikuti pendekatan konvensional (F= 171,514; p