PENGARUH STATUS SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOVARIABEL ETOS KERJA (Studi pada Guru SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu)

Main Authors: ., NYOMAN ADI SUARDANA, ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd., ., Dr.DRS. I WAYAN MUDERAWAN, MS.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Administrasi Pendidikan , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1941
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sertifikasi terhadap kinerja guru dengan kovariabel etos kerja (studi pada guru SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu). Penelitian ini menggunakan menggunakan rancangan penelitian semu dengan pola “The Posttest-Only Control Design” menggunakan ANAKOVA sebagai analisis datanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu, yang berjumlah 131 orang dengan rincian 73 orang yang sudah sertifikasi dan 58 orang belum sertifikasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel acak yang berjumlah 104 orang dengan rincian 52 orang guru sudah tersertifikasi dan 52 orang guru belum sertifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kinerja guru yang berstatus sertifikasi dan nonsertifikasi pada guru SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu (F=95,195, p