PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMPN 1 SERIRIT
Main Authors: | ., NI WAYAN WITRINI, ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd., ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1935 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran teknik klarifikasi nilai dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMPN 1 Seririt. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Seririt tahun pelajar 2015/2016 yang berjumlah 256 siswa. Sebanyak 88 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Fhitung sebesar 17,443, sedangkan harga Ftabel (p