Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri di Gugus V Abiansemal
Main Authors: | ., NI MADE MITA DWI JAHYANTI, ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp., ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Administrasi Pendidikan
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1757 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VI, akibat penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Post test only control group design. Populasi berjumlah 150 orang siswa kelas VI SD Gugus V Abiansemal, dengan 60 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Dianalisis dengan uji statistik MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F=27,458, p